Latar belakang penyakit obesitas dan hidrosefalus pada anak

Memahami konsep dan memberikan asuhan keperwatan pada klien dengan Hydrocephalus.

Akibat penyumbatan terjadi dilatasi ruangan CSS diatasnya. Hidrosefalus adalah suatu keadaan patologis otak yang mengakibatkan bertambahnya cairan serebrospinalis, disebabkan baik oleh produksi yang berlebihan maupun gangguan absorpsi, dengan atau pernah disertai tekanan intrakanial yang meninggi sehingga terjadi pelebaran ruangan-ruangan tempat aliran cairan serebrospinalis Darto Suharso, Hidrosefalus adalah kelainan patologis otak yang mengakibatkan bertambahnya cairan serebrospinal dengan atau pernah dengan tekanan intrakranial yang meninggi, sehingga terdapat pelebaran ventrikel Darsono, Peningkatan tekanan sinus vena mempunyai dua konsekuensi, yaitu peningkatan tekanan vena kortikal sehingga menyebabkan volume vaskuler intrakranial bertambah dan peningkatan tekanan intrakranial sampai batas yang dibutuhkan untuk mempertahankan aliran likuor terhadap tekanan sinus vena yang relatif tinggi.

Tekanan intrakranial biasanya normal, gejala — gejala dan tanda — tanda lainnya meliputi ; dimentia, ataxic gait, incontinentia urine. Peningkatan resistensi yang disebabkan gangguan aliran akan meningkatkan tekanan likuor secara proporsional dalam upaya mempertahankan resorbsi yang seimbang.

Uji radiologis: Patofisiologi dan Patogenesis Hidrosefalus Cairan serebrospinal dibuat di dalam otak dan biasanya beredar ke seluruh bagian otak, selaput otak serta kanalis spinalis, kemudian diserap ke dalam sistem peredaran darah.

Evaluasi diagnostik pada anak-anak yang mengalami gejala hidrosepalus setelah masa bayi sama dengan yang dilakukan pada pasien-pasien dengan dugaan tunir intrakranial. Aliran CSS yang normal ialah dari ventrikel lateralis melalui foramen monroi ke vertikel III, dari tempat ini melalui saluran yang sempit akuaduktus sylvii ke ventrikel IV dan melalui foramen luschka dan magendie ke dalam ruang subaraknoid melalui sistem magna.

Proses terbentuknya, dikenal hidrosefalus akut dan hidrosefalus kronik.

CSS yang dibentuk dalam sistem ventrikel oleh pleksus khoroidalis kembali ke dalam peredaran darah melalui kapiler dalam piameter dan arakhnoid yang meliputi seluruh susuna saraf pusat SSP. Hidrosefalus pada foto polos kepala akan memberikan gambaran ukuran kepala yang lebih besar dari orang ormal, pelebaran sutura, erosi dari sella tursica, gambaran vena-vena kepala tidak terlihat dan memperlihatkan jarak antara tabula eksterna dan interna menyempit.

Hidrosefalus selalu bersifat sekunder, sebagai akibat penyakit atau kerusakan otak. Umumnya terdapat pada orang dewasa, biasanya disebabkan karena dipenuhinya villus arachnoid dengan darah sesudah terjadinya hemmorhage subarachnoid klien memperkembangkan tanda dan gejala — gejala peningkatan ICP.

Ropper, Hubungan antara sistem ventrikel dan ruang subaraknoid adalah melalui foramen magendie di median dan foramen luschka di sebelah lateral ventrikel IV. Etiologi Hidrosefalus Hidrosefalus terjadi bila terdapat penyumbatan aliran CSS pada salah satu tempat antara tempat pembentukan CSS dalam sistem ventrikel dan tempat absorbsi dalam ruang subaraknoid.

Diagnosis Hidrosefalus Diagnosis hidrosepalus pada bayi dibuat berdasarkan ukuran lingkar kepala yang melebihi satu atau lebih garis pada bagan pengukuran dalm periode minggu, dikaitkan dengan tanda-tanda neurologik yang ada dan progresif.

Mekanisme terjadinya dilatasi ventrikel cukup rumit dan berlangsung berbeda-beda tiap saat selama perkembangan hidrosefalus. Vena-vena di sisi samping kepala tampak melebar dan berkelok. Pada bayi yang lebih tua dan anak-anak hal ini dapat terjadi setelah meningitis tetapi pada beberapa kasus tidak terdapat riwayat infeksi demikian pula tidak ada suatu kelainan anatomis yang nyata.

Tumor lain yang menyebabkan hidrosefalus adalah tumor di daerah mesencephalon. Peningkatan CFS dapat dsebabkan oleh sumbatan aliran normal, pembentukan yang berlebihan atau reabsorbsi yang tidak adekuat atau hal tersebut terjadi sebagai akibat terjadinya infeksi atau tumor space occupying.

Pelebaran ventrikuler ini akibat ketidakseimbangan antara produksi dan absorbsi cairan serebrospinal. Berdasarkan Perolehannya a. Wong, Donna. Tujuan Penulisan Tujuan Umum Makalah ini diharapkan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan sehingga mahasiswa mampu melaksanakan Asuhan Pada Neonatus Bayi dengan kasus Hidrosefalus Tujuan Khusus Mahasiswa mampu mengumpulkan data subjektif pada pasien dengan kasus Hidrosefalus pada Bayi Mahasiswa mampu melakukan pengkajian data objektif pada pasien dengan kasus Hidrosefalus pada Bayi Mahasiswa mampu melakukan analisis berdasarkan data subjektif dan objektif pada kasus Hidrosefalus pada Bayi Mahasiswa mampu melakukan penatalaksanaan pada kasus Hidrosefalus pada Bayi Mahasiswa mampu melaksanakan pendokumentasian pada kasus Hidrosefalus pada Bayi D.

Hidrosefalus adalah kelainan patologis otak yang mengakibatkan bertambahnya cairan serebrospinal dengan tekanan intrakranial yang meninggi, sehingga terdapat pelebaran ventrikel. Dilatasi ini terjadi sebagai akibat dari: Ventrikulografi ini sangat sulit, dan mempunyai risiko yang tinggi.

Berdasarkan gejala, dibagi menjadi hidrosefalus simptomatik dan asimptomatik. CSS yang dibentuk dalam sistem ventrikel oleh pleksus koroidalis kembali kedalam peredaran darah melalui kapiler dalam piameter dan araknoid yang meliputi seluruh susunan saraf pusat SSP.

Hidrosepalus secara teoritis tejadi sebagai akibat dari tiga mekanisme yaitu produksi likuor yang berlebihan, peningkatan resistensi aliran likuor, serta peningkatan tekanan sinus venosa. Tanda — tanda peningkatan tekanan intracranial antara lain: Sindrom Dandy-Walker.

Terkadang terjadi gangguan pusat vital Nanny Lia Dewi, Vivian. Spina bifida dan kranium bifida Hidrosefalus pada kelainan ini biasanya yang berhubungan dengan sindrom Arnould-Jhiari akibat tertariknya medulla spinalis dengan medulla oblongata dan cerebellum letaknya lebih rendah dan menutupi foramen magnum sehingga terjadi penyumbatan sebagian atau total.

Hidrocephalus yang tampak jelas dan tanda-tanda klinik yang khas.Das moderne 2-er Set Beistelltische CALA überzeugt durch seine Optik.

Adapun tujuan umum dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan hidrosefalus dan dapat merancang berbagai cara untuk mengantisipasi masalah serta dapat melakukan asuhan pada kasus hidrosefalus.

· Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas secara khusus tentang hidrosefalus pada bayi dan diharapkan mahasiswa mampu memahaminya dengan baik dan benar. Merupakan penyebab terbanyak pada hidrosefalus bayi dan anak (%).

Aqueduktus dapat merupakan saluran yang buntu sama sekali atau abnormal, yaitu lebih sempit dari biasa.

ASUHAN KEPERAWATAN (ASKEP) HIDROSEFALUS

Umumnya gejala hidrosepalus terlihat sejak lahir atau progresif dengan cepat pada Author: ASUHAN KEPERAWATAN KESEHATAN. Pasien hidrosefalus memerlukan perawatan khusus dan benar karena pada anak yang mengalami hidrosefalus ada kerusakan saraf yang menimbulkan kelainan neurologis berupa gangguan kesadaran sampai pada gangguan pusat vital dan resiko terjadi dekubitus.

Pasien hidrosefalus memerlukan perawatan khusus dan benar karena pada anak yang mengalami hidrosefalus ada kerusakan saraf yang menimbulkan kelainan neurologis berupa gangguan kesadaran sampai pada gangguan pusat vital dan resiko terjadi festival-decazeville.com: Abdurrachmanramli.

Latar belakang penyakit obesitas dan hidrosefalus pada anak
Rated 3/5 based on 84 review